Cara Pasang Lampu HID Motor
Lampu
HID sejatinya diperuntukan untuk peranti keamanan ekstra, karena cahaya
yang dihasilkan dari lampu ber-Gas tersebut cukup terang untuk
mendampingi perjalanan anda. Mungkin dari para pengguna roda dua yang
awam akan cara pasang lampu hid di motor masih mencari cari informasi
yang baik tentang cara pemasangannya yang mudah.Awal sebelum pemasangan lampu HID ini, kita musti mengetahui bagaimana lampu ini bisa menyala dengan baik. Tidak sepeerti lampu halogen biasa yang tinggal colok sesuai dengan jumlah kaki pada konektor lampu besar. Lampu HID membutuhkan tegangan listrik yang stabil, dan ini bisa didapat dari tegangan aki motor kita.
Dalam artikel sebelumnya penulis pernah membahas tentang cara merubah kelistrikan motor yang normal (ac) ke DC. Betul, jadi lampu HID bisa digunakan pada motor dengan kelistrikan DC. Jadi anda harus merubah kelistrikan motor terlebih dahulu.
| Tespen DC |
>langkah pemasangan
Kabel plus minus bisa langsung dicolok ke aki, kabel plus yang (Umumnya) terdapat sekringnya. Kabel minus umumnya berwarna hitam. Mulai deh brother mengarang penempatan ballastnya, karena umumnya ukuran ballast cukup besar.
Pasang lampu pada rumah reflektor (lihat gambar diatas), lalu ada kabel merah/biru atau putih/hitam yang mengatur high & low lampunya. Dibeberapa merek HID kabel Hi/Low sudah berupa soket kecil. Ini berlaku pada lampu HID yang berfitur hi-low. Kabel putih/hitam umumnya untuk menghidupkan lampu mode low dan yang merah/biru untuk mode high.
![]() |
| HID KIT |
Bila sudah, brother bisa menyambungkan soket soket dari lampu HID keballast HID. Dari relay HID ke Balasst HID. Jangan takut salah, karena soket disini sudah sesuai dengan pasangannya masing masing. Bila sudah beres semua, tinggal brother mencoba untuk menyalakan lampunya. Jangan takut mencobanya sendiri, selama mengikuti arahan dengan baik tidak akan ada konsleting kok. Selamat mencoba.
Skema Sederhana pemasangan lampu HID saat kelistrikan motor sudah DC.
| Skema Pemasangan Lampu HID |
Keterangan gambar :
Battery : Aki motor
Motor : Relay Konektor
Lamp : Lampu HID (Bohlam)
Ballast : Ballast HID
Original Socket : High / Low
Catatan : Sekun dua buah di bawah ballast ( Kabel High & Low )
Sumber: regulator-kiprok.blogspot.com
untuk penampakan yang lebih kerennya mari di sedot link berikut ini gan,,
http://www.youtube.com/watch?v=5ANhgG92g10
semoga bermanfaat gan.....!!!!

tekor ga aki
BalasHapusthanks infonya sangat bermaanfaat sekali
BalasHapuscoba pasang ahhhh :D
untuk mio karbu kelistrikan standart aki kuat gak ya gan?? thx.
BalasHapusItu kelistirakan nya sama kaya mio m3 engga mas , soul gt kan harus di ganti dulu ya ke dc kalau m3 ?
BalasHapus